Ayam Panus Sang Leluhur Ayam Bangkok
Home Artikel Ayam Panus Sang Leluhur Ayam Bangkok
Artikel - 3 minggu ago

Ayam Panus Sang Leluhur Ayam Bangkok

Ayam Panus Sang Leluhur Ayam Bangkok – Menurut sejarahnya, ayam Panus merupakan leluhurnya ayam Bangkok. Panus adalah nama pemberian dari pemilik peternakan dan juga bangsawan kerajaan di Thailand. Pada masa itu, kepemilikan ayam Panus dan keturunannya sangat terbatas dan dirahasiakan. Karena pada masa tersebut hanyalah kalangan bangsawan kerajaan yang mempunyai ayam jenis ini dan merupakan warisan dari ayam Bangkok.

Panus merupakan galur murni dari darah ayam Thailand terbaik di masa dahulu yang masih dipertahankan kemurniannya oleh sebagian peternak disana sampai saat ini. Ayam jenis inilah yang menjadikan ayam Thailand terkenal di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia dengan nama ayam Bangkok.

Ayam Panus Sang Leluhur Ayam Bangkok

Ayam Panus merupakan hasil pembudidayaan dari ayam Thailand bibit terunggul yang dilakukan oleh peternak di daerah Thailand, Bangkok bagian selatan. Panus yang original saat ini masih banyak terdapat di daerah Chon-buri. Ayam Panus adalah ayam Thai (Bangkok) yang terbaik pada zamannya.

Para peternak saat ini sedang berusaha serius untuk mempertahankan kemurniaan galurnya. Ada juga yang berusaha keras membudidayakan secara modern dan kompleks, dengan mengawinsilangkannya dengan ayam Bangkok, Pama, Pakhoy, Brazil, Saigon, Shamo dll.

Dari hasil persilangan secara kompleks tersebut, keturunan ayam Panus memiliki gaya tarung yang sangat mirip dengan ayam Bangkok ori. Selain itu juga memiliki keunggulan kecerdasan, kelincahan, variasi gerakan, gaya pukulan dan daya tahan terhadap pukulan yang lebih bagus. Saat ini, keturunan ayam Panus modern diketahui memiliki teknik tarung yang sangat baik, kemampuan dan kecerdasan yang dimiliki jauh lebih baik dari ayam Bangkok.

Panus modern memiliki kuda-kuda dan langkah kaki yang sangat baik. Teknik mengunci kepala yang akurat yang dibarengi dengan teknik ngayap kiri kanan yang rapat. Juga gaya nyorong kebawah untuk membongkar pertahanan lawan. Disertai patukan ke seluruh bagian tubuh lawan sambil melakukan pukulan yang berisi dan sangat terarah.

Selain itu, ayam Panus juga memiliki pukulan nyawat dari depan dan terarah pada bagian kepala dan tengkuk, sesekali dapat menghantam ke tubuh lawan. Inilah kesempurnaan yang dimiliki ayam Panus modern yang merupakan perpaduaan gaya tarung dari berbagai jenis ayam aduan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ciri dan Bentuk Kaki Ayam Bangkok Pembunuh

Ciri dan Bentuk Kaki Ayam Bangkok Pembunuh – Menjadi penggemar ayam aduan di Indones…