Cara Alami Menyembuhkan Penyakit Tetelo Pada Sabung Ayam
Home Artikel Cara Alami Menyembuhkan Penyakit Tetelo Pada Sabung Ayam
Artikel - Oktober 3, 2019

Cara Alami Menyembuhkan Penyakit Tetelo Pada Sabung Ayam

Cara Alami Menyembuhkan Penyakit Tetelo Pada Sabung Ayam – Penyakit Tetelo adalah salah satu jenis penyakit pada ayam aduan yang sangat beresiko. Sampai sekarang ini di daerah indonesia masih banyak daerah yang belum juga terlepas dari penyakit jenis ini. Penyakit ayam aduan ini banyak memberikan kerugian yang signitifikan untuk para peternak ayam. Dikarenakan 80 – 100% dari ayam yang  menderita penyakit ini dapat mengalami kematian. Penyakit tetelo ini bisa menyerang ayam baik itu masih berumur muda atau dewasa. Kebanyakan sering menyerang pada waktu pancaroba atau musim panas menuju musim hujan.

Penyakit tetelo ini bisa menyebar melalui ludah, feses, minuman serta makanan. Penyebaran bisa juga lewat hawa hingga penyakit ini bisa menyebar serta menebar kemana saja.

Tanda-tanda yang pertama kali muncul oleh ayam aduan yang terserang penyakit tetelo adalah berak encer putih 1/2 sisi (seperti cat dinding yang tercecer di lantai), sebagiannya juga lembek namun tidak encer serta agak berwarna hijau.

Ayam aduan harus mendapatkan perawatan khusus jika sudah terserang penyakit tetelo untuk mencegah terjadinya tetelo yang kronis/akut. Gejala parahnya seperti leher terpuntir atau kelumpuhan untuk berjalan. Virus tetelo lama kelamaan membuat lemah dan mati.

Dikarenakan masih belum ada obat medis yang bisa menyembuhkan tetelo pada ayam aduan, karena itu tanaman herbal adalah salah satu obat penyembuh yang disarankan. Untuk kesempatan kali ini akan kami berikan beberapa cara untuk menangani penyakit tetelo.

Cara Alami Menyembuhkan Penyakit Tetelo Pada Sabung Ayam

Berikut beberapa resep yang dapat anda gunakan dalam menyembuhkan ayam kesayangan yang terserang penyakit tetelo.

• Berdasarkan pada pengalaman peternak ayam aduan, bawang merah atau bawang putih dengan tunggal tidak bisa menyembuhkan penyakit tetelo. Akan tetapi gabungan ramuan kunyit 1 cm, kencur 1/2 cm, dan bawang putih masing-masing 3 x dalam 1 minggu dapat menghindari penyakit tetelo (tidak membuat sembuh, akan tetapi untuk menghindari awal mulanya terkena penyakit tetelo).

• Perasan daun Pepaya dengan berdasarkan pada pengalaman tidak dapat menyembuhkan penyakit tetelo. Jika gabungan ramuan kunyit, bawang putih dan daun pepaya yang didapatkan secara teratur dapat menghindari penyakit flu Burung. Kalau bisa menghindari flu Burung dapat juga menghindari penyakit tetelo, karena ke-2 penyakit itu dua-duanya merupakan penyakit infeksi viral yang dipicu oleh virus.

• Penggunaan antiseptik/desinfektan alami adalah daun sirih (bukan batang sereh untuk memasak). Kenyataannya bisa menyembuhkan 3 ekor ayam aduan dewasa yang baru terkena penyakit tetelo, akan tetapi belum juga sempat juga diterapkan pada ayam aduan yang sudah terkena penyakit tetelo yang kritis.

• Obat penyakit tetelo yang sangat ampuh yang sudah dicoba adalah gabungan sejumlah tanaman obat dari rimpang kunyit putih, daun sirih merah, sambiloto, temu kunci. Satu di antara tanaman obat ini seharusnya harus ada ketika buat ramuan obat untuk penyakit tetelo.

• 3 jenis yang sudah sempat dicoba adalah gabungan sirih merah, sambiloto, dan temu kunci sangatlah ampuh. Ramuan yang beda juga bagus adalah gabungan kunyit putih, temu kunci, sirih hijau, daun pepaya, dan kunyit biasa.

• Kunyit putih, sambiloto dan sirih merah adalah antikanker, antiinflamasi, anti radang yang banyak diperlukan untuk obat kanker. Study IPB, Balitro, dan publikasi media banyak perlihatkan keampuhan tanaman obat itu untuk kanker serta untuk flu burung (juga penyakit tetelo).

Demikianlah sedikit informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat bagi para pecinta ayam aduan dimanapun berada. Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ciri dan Bentuk Kaki Ayam Bangkok Pembunuh

Ciri dan Bentuk Kaki Ayam Bangkok Pembunuh – Menjadi penggemar ayam aduan di Indones…