Ciri-ciri Telur Ayam Bangkok
Home Artikel Ciri-ciri Telur Ayam Bangkok Menurut Pengalaman Sendiri
Artikel - 4 minggu ago

Ciri-ciri Telur Ayam Bangkok Menurut Pengalaman Sendiri

Ciri-ciri Telur Ayam Bangkok Menurut Pengalaman Sendiri – Untuk seorang penggemar maupun peternak ayam Bangkok, rasanya kurang afdol bila belum mengetahui cara membedakan telur ayam Bangkok jantan atau betina yang nantinya akan di tetaskan. Secara umum bentuk telur ayam Bangkok ada dua jenis, ada yang berbentuk agak bulet dan juga ada yang berbentuk agak lonjong. Namun sebenarnya bentuk telur ayam Bangkok terdapat 3 jenis. Bila anda tidak memperhatikan dengan seksama maka pastinya terlihat tidak ada perbedaan.

Namun, bila anda adalah seorang peternak ayam Bangkok yang sudah terbiasa dengan bentuk telur serta warnanya. Maka tentu sedikit perbedaan telur tersebut akan langsung mengetahuinya. Menurut pengalaman admin nih ya, telur ayam Bangkok bisa berwarna apa saja, entah itu putih, cream, agak kecoklatan, dan lain sebagainya. Semua tergantung makanan dan genetik dari ayam Bangkok tersebut.

Ciri – Ciri Telur Ayam Bangkok

Dalam artikel kami yang berjudul “ Ciri-Ciri Telur Ayam Bangkok Menurut Pengalaman Sendiri “ admin akan membagi pengalaman mimin bagaimana membedakan telur jantan dan juga betina. Karena sering mimin jumpai ada peternak ayam Bangkok hanya ingin menetaskan ayam jantan saja dan juga terkadang hanya ingin menetaskan ayam Bangkok betina saja. Berikut penjelasannya gan.

Berikut ciri-ciri telur ayam Bangkok jantan dan betina :

Bentuk Telur Bulat Dengan Sedikit Lonjong

Bila bentuk telur seperti gambar diatas adalah bentuk telur bulat dan sedikit lonjong dibagian atasnya. Bisa kita pastikan bahwa telur ini adalah telur calon bibit ayam Bangkok betina. Biasanya para peternak ayam akan memperlakukan khusus agar dapat menetas menjadi indukan ayam yang berkualitas dan unggul.

Bentuk Telur Ayam Bulat Dan Agak Panjang

Bila menjumpai telur seperti yang gambar diatas ini, Maka sudah bisa dipastikan bahwa telur tersebut adalah telur calon bibit ayam Bangkok jantan. Bentuk telur seperti ini terkadang sangatlah mirip dengan bentuk telur bulat dan sedikit lonjong. Jika tidak mencermati dengan seksama biasanya sering tertukar antara calon bibit betina dan juga bibit pejantan.

Bentuk Telur Lonjong Besar Sempurna

Untuk telur yang seperti gambar diatas ini, banyak peternak yang mengakui bahwa telur inilah yang sering dicari oleh para penggemar ayam Bangkok. Karena telur yang berbentuk besar serta lonjong sempurna akan menghasilkan bibit ayam Bangkok petarung yang berkualitas unggul dan berkualitas baik. Biasanya bila ditemukan telur seperti ini, maka pengeramannya menggunakan menit tetas yang dibedakan dari telur lainnya.

Ciri – Ciri Telur Berkualitas Untuk Ditetaskan Seperti :

Selain dari bentuk telur ayam Bangkok tersebut, terdapat juga ciri khusus yang menandakan telur yang akan menghasilkan ayam yang berkualitas baik dan bisa menjadi juara dalam arena sabung ayam. Seperti apa ciri khusus telur yang berkualitas tersebut? mari simak ulasan berikut ini:

-Ratio induk jantan serta betinanya 1:8 tidak lebih.

-Usia induk jantan serta betina tidak kurang dari 12 bulan.

-Tidak ada kecacatan pada telur seperti retak, permukaan telur yang kasar, cangkang yang lembek, penebalan kulit di satu sisi, sisi kuning telur dua lapis.

-Tidak bau busuk atau telah lama disimpan, telur mesti selekasnya dipisahkan dari telur yang bagus.

-Mempunyai berat yang normal dibanding dengan jenis lainnya (untuk telur ayam kampung beratnya 40 – 45gr/butir).

-Mempunyai bentuk yang normal di banding dengan dengan jenis lainnya (untuk telur ayam kampung ukuran wajarnya 3:4).

-Kondisi kulit telurnya bersih dari kotoran.

-Rongga udaranya tampak jelas pada bagian tumpul serta tidak berpindah-pindah (bisa disaksikan dengan teropong telur) biasanya para peternak memilikinya.

-Usia telur ayam bangkok tidak lebih dari 5 hari serta langkah menyimpannya benar.

Demikian juga artikel yang berdasar sedikit pengetahuan dari admin yang diperuntukan para penggemar sabung ayam dan peternak ayam yang masih awam. Terima kasih sudah menyimak ulasan kami. Mohon maaf jika adanya kesalahan yang terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ciri dan Bentuk Kaki Ayam Bangkok Pembunuh

Ciri dan Bentuk Kaki Ayam Bangkok Pembunuh – Menjadi penggemar ayam aduan di Indones…