Metode Vaksin Ayam Aduan Yang Dapat Diberikan
Home Artikel Metode Vaksin Ayam Aduan Yang Dapat Diberikan
Artikel - September 13, 2019

Metode Vaksin Ayam Aduan Yang Dapat Diberikan

Metode Vaksin Ayam Aduan Yang Dapat Diberikan – Dalam beternak atau memelihara ayam terdapat berbagai hal yang dapat mempengaruhi keberhasilan anda dalam beternak ayam tersebut. Kualitas dari seekor ayam aduan tentu menjadi salah satu modal paling utama dalam melakoni suatu laga di gelanggang. Selain latihan dan perawatan yang intensif, pemberian vaksin juga menjadi salah satu hal yang paling penting dalam memelihara ayam aduan.

Ayam aduan biasanya diberi vaksin secara teratur, yaitu setiap 6 bulan sekali. Lain lagi bila ayam aduan masih muda, sebaiknya berikan vaksin tersebut dengan jangka waktu 1 tahun 3 kali vaksin. Dikarenakan masih muda, ayam masih rentan terserang penyakit bakteri maupun virus. Vaksin ayam aduan biasanya terdapat berbagai macam jenis, seperti mata, mulut, penyuntikan, hidung, dan lain sebagainya.

Metode Vaksin Ayam Aduan Dan Cara Pemberian Yang Tepat

Vaksin Pakan ( Feeding )

Vaksin pakan dapat dilakukan dengan mencampurkan vaksin ayam ke pakan ayam serta langkah tersebut umumnya dipakai untuk memberikan vaksin cocci pada ayam. Pakan yang digunakan ikut sebaiknya bebas dari preparat anti cocci ( sulfaquinoxaline, amprolium ). Langkah pemberian vaksin tersebut termasuk cukup gampang yakni kita cuma mencampurkan vaksin dengan pakan ayam aduan.

Vaksin Tetes Mata ( Intra-ocular )

Pemberian vaksin tetes mata dilakukan lewat cara meneteskan vaksin ke mata ayam. Diluar itu kita juga dapat menambahkan pelarut ke vaksin untuk memudahkan pemberian vaksin kepada mata ayam aduan tersebut.

Vaksin Lewat Mulut ( Intraoral )

Pada ayam diberikan dengan individu sehingga tiap-tiap ayam dapat memperoleh dosis vaksin yang sama. Pada pemberian vaksinasi mulut, vaksin diberikan kepada ayam aduan lewat cara dicekokan, meskipun langkah pemberian vaksinasi ini sama juga dengan langkah vaksin lewat air minum namun pemberian vaksin lewat mulut dilakukan untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal dan proses yang lebih cepat.

Vaksin Melalui Daging

Vaksin dengan menyuntikan daging ayam secara langsung yang biasanya di bagian dada dan paha ayam aduan serta ayam ternak. Vaksin yang disuntikkan biasanya dilakukan pada ayam yang masih hidup serta dalam keadaan hidup dengan peralatan yang steril.

Vaksin Bawah Kulit Ayam

Vaksinasi suntik bawah kulit dilakukan dengan cara menyuntikan vaksin dibawah kulit serta umumnya dikerjakan di bagian leher ayam serta pelaksanannya hampir sama juga dengan vaksinasi suntik daging.

Vaksin dengan Penyemprotan (Spray)

Vaksinasi dengan cara penyemprotan seringkali dilakukan para peternak ayam untuk memberi vaksin pada Ayam bangkok DOC. Sebelum ayam itu dimasukan ke kandang pemanas, alat semprot yang dipakai mesti telah terpasang hingga boks ayam langsung bisa dimaksukan ke kotak sprayer.

Demikian juga info yang dapat kami berikan di artikel Metode Vaksin Ayam Aduan Yang Dapat Diberikan.  Terima kasih dan semoga dapat membantu anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ciri dan Bentuk Kaki Ayam Bangkok Pembunuh

Ciri dan Bentuk Kaki Ayam Bangkok Pembunuh – Menjadi penggemar ayam aduan di Indones…